Home » » Backlink untuk seo | Meningkatkan Pagerank Blogger

Backlink untuk seo | Meningkatkan Pagerank Blogger

Written By Unknown on Senin, 23 Januari 2012 | 02.44

backlink Berbicara tentang SEO tidak terlepas dengan backlink, karena backlink merupakan salah satu pendukung optimasi kerja SEO sebuah situs atau blog. Jadi pertanyaannya, apa itu backlink dan seberapa penting backlink tersebut?

Apa itu Backlink?

Backlink adalah hubungan imbal balik dari dua situs, artinya alamat suatu situs terdapat pada situs lainnya dan begitu pula sebaliknya. Misalnya situs A terdapat di situs B dan begitu juga sebaliknya. Backlink dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu link satu arah dan link dua arah. Link satu arah kalau salah satu situs menanamkan link namun situs lainnya tidak menanamkan link situs pertama. Misalnya anda menanamkan link blogonol, namun blogonol tidak menanamkan link anda, jadi itu disebut link satu arah. sedangkang link dua arah dimana kedua situs saling menanamkan link satu sama lainnya.

Dalam dunia SEO, link satu arah dan dua arah sama dapat berupa inbound link dan outbound link. Outbound link dimulai dari suatu situs dan mengarah ke situs lain. Sementara inbound link yang berasal dari sebuah situs eksternal menuju situs lainnya. misalnya jika link cnn.com memuat link situs anda, maka link dari cnn.com adalah backlink (inbound) untuk anda. Sedang link anda disebut link keluar atau outbound link bagi cnn.com. Inbound link inilah yang di sebuat sebagai backlink.

Backlink adalah salah satu bangunan utama Search Engine Optimisation (SEO) yang baik. Jumlah backlink merupakan indikasi popularitas atau perhitungan seberapa pentingnya sebuah website. Hal ini karena beberapa search engine seperti Google, memberikan kredit lebih pada website yang memiliki sejumlah besar backlink berkualitas, dan mempertimbangkan situs-situs lebih relevan daripada yang lain di halaman hasil permintaan pencarian.

seo backlink
Mesin pencari menghitung relevansi dari sebuah situs dilihat dari kata kunci (keyword). Mereka tidak hanya mempertimbangkan jumlah backlink, tetapi juga kualitas backlink tersebut. Dalam menentukan kualitas backlink, mesin pencari mempertimbangkan isi dari situs. Ketika backlink ke situs anda berasal dari situs lain yang memiliki konten berhubungan, maka backlink ini dianggap lebih relevan dan google akan memberikan kredit serta perhatian lebih dari situs lainnya. Jika anda menanamkan backlink di salah satu blog atau situs dengan konten yang tidak terkait, mereka dianggap tidak relevan dan tidak diperhatikan google. Bisa saja dianggap melakukan kecurangan dalam meningkatkan popularitas blog anda. Jadi kesimpulannya, bangunlah backlink dengan beberapa situs yang relevan. Misalnya saya, dengan konten tutorial dan seo membangun link dengan situ penjualan mobil, tentunya tidak nyambung dengan konten saya dan ini tidak akan diperhatikan google. Tentu perkerjaan ini dianggap tidak berguna dan hasilnya hanya lelah dan merepotkan.

Saya menanamkan beberapa link dari situs tertentu untuk tempat belajar sesuai kebutuhan. Saya juga menanamkan beberapa link sahabat walau kontennya tidak berhubungan dan mereka juga menanamkan link saya, namun dibatasi hanya beberapa link agar tidak dianggap sebagai peternak link (link farm). Hal inilah yang membuat saya menolak tukaran link yang tidak relevan dengan konten saya. Jadi bukan saya sombong atau menganggap blogonol itu hebat sehingga tidak mau bertukar link dengan anda. Dengan segala hormat, kerendahan, dan ketulusan, saya memohon maaf atas itu semua. Saya harap bisa dimengerti.

Search engine ingin memiliki website untuk tingkat permainan yang jujur (white hat seo), dan mencari link alami yang dibangun secara perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Meskipun cukup mudah memodifikasi halaman situs agar lebih SEO friendly, namun membangun backlink jauh lebih sulit bagi semua orang. Anda perlu menawarkan beberapa hal agar mereka tertarik untuk menanamkan link di situs anda. Ini adalah suatu alasan mesin pencari menganggap bahwa backlink sebagai faktor yang sangat penting.

Kriteria mesin pencari untuk backlink berkualitas sungguh lebih berat. Hal ini berawal dari beberapa trick seo yang licik (black hat seo) dan tidak bermoral dalam mencapai backlink dengan teknik menipu. Sebagai contoh, link tersembunyi, atau halaman yang dihasilkan secara otomatis yang bertujuan memberikan link balik ke salah satu situs. Halaman ini disebut koleksi link (link farming), dan mereka tidak hanya diabaikan oleh mesin pencari, bahkan bisa saja situs tersebut dilarang sepenuhnya dan sangat mungkin terkena google panda.

Anchor Text (teks jangkar)
seo backlinkKetika link menggabungkan kata kunci ke dalam teks hyperlink, kita sebut ini teks jangkar. Sebuah link teks jangkar mungkin menjadi salah satu sumber daya yang paling kuat bagi trick seo. Sebagai contoh ketika saya menuliskan tutorial dan seo, lalu saya memberikan sebuah link pada dua kata tersebut mengarah ke blog saya atau situs lain, maka hal tersebut akan membantu meningkatkan kinerja seo pada sebuah artikel untuk hasil pencarian lebih tinggi dengan kata kunci tutorial dan seo. Menggunakan kata kunci langsung pada artikel adalah cara yang unggul dalam memanfaatkan hyperlink dalam artikel dibanding kata-kata seperti "klik di sini" yang tidak ada hubungannya dengan kata kunci blog anda. Sebagai acuan silahkan baca Cara Mengoptimalkan Kata Kunci pada Artikel

Backlink Anchor Text Sebagai Alat Analisis merupakan alat yang akan membantu menemukan backlink ketika anda tanamkan pada salah satu kata kunci dalam artikel. Hal ini karena anchor text tersebut akan dibaca mesin pencari sebagai link yang mengarah langsung pada blog anda. Jadi manfaatkan anchor text sebaik mungkin dalam artikel, karena ini merupakan cara ampuh untuk optimasi seo yang berkaitan dengan artikel. Selamat mencoba dan sukses selalu.@ Backlink untuk Seo
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Obat Paten Undur Undur - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger